Profile Team Piala Eropa 2020: Wales Siap Buat Surprise Lagi

Profile Team Piala Eropa 2020: Wales Siap Buat Surprise Lagi

Tim Nasional Wales

Yvonne-patisserie.com – Tim Nasional Wales telah menutup satu ticket ke Piala Eropa 2020. Ini jadi kali ke-2 buat Gareth Bale dkk. bertanding di pertandingan paling tinggi antarnegara benua Eropa. Team Inggris Raya itu siap membuat surprise lagi.

Semenjak 1990-an, Wales teratur melahirkan beberapa pesepak bola papan atas walaupun tidak sekerap negara tetangganya layaknya Inggris, Skotlandia, atau Irlandia. Sebutlah saja Ryan Giggs, Craig Bellamy, Bale, serta tentu saja Aaron ‘Rambo’ Ramsey.

Tragisnya, Wales jarang-jarang turut mengambil sisi di putaran final Piala Eropa serta Piala Dunia. Mereka kalah pamor oleh Inggris, Irlandia, serta Skotlandia. Tetapi, dengan satu dasawarsa paling akhir, semua usaha keras ketika membawa hasil.

Untuk pencetus UEFA, Wales baru sukses tembus putaran final Piala Eropa di 2016 yang lalu. Itu adalah pertandingan prestise pertamanya semenjak ikuti Piala Dunia 1958. Dapat dipikirkan begitu kesuksesan itu diterima suka ria oleh rakyat Wales.

Formasi scuad Wales dipandang sangat wajar untuk ikuti Piala Eropa 2016. Materi Tim nasional Wales berisi pemain yang bermain di beberapa club papan atas Eropa. Bale, Ramsey, Wayne Hennesey, sampai Ashley Williams hanya sejumlah kecil dari beberapa nama populer di scuad garapan Chris Coleman itu.

Di Piala Eropa 2016, Wales sebetulnya hampir tidak berhasil lolos dari kwalifikasi. Terhimpun bersama-sama Bosnia and Herzegovina, Belgia, serta Israel, sedikit yang meramalkan jika mereka akan maju ke putaran final.

Di Oktober 2015, Wales menerima kekalahan pertama dari Bosnia and Herzegovina, yang membuat Belgia terbang ke pucuk klassemen kualfikasi Piala Eropa 2016 Group B. Untungnya, Israel di luar sangkaan roboh Siprus, hasil yang membuat Wales dinyatakan maju ke Piala Eropa untuk kali pertamanya.

Magic team dengan bendera berlatar naga berwarna merah itu bersambung diperputaran final. Ada di Group B bersama-sama Inggris, Slovakia, serta Rusia, mereka mampu memuncaki klassemen walau roboh 1x dari Inggris.

Di babak knock-out, Wales dapat menaklukkan Irlandia Utara dengan score tipis 1-0. Tetapi, performa paling baik Wales dapat disebut berlangsung di set perempat final. Saat itu, mereka berjumpa Belgia serta di luar sangkaan mampu keluar untuk juara selesai menang 3-1.

Perjalanan Wales baru gagal di partai semi-final Piala Eropa 2016. Bertemu Portugal, mereka mengaku kalah 0-2.

 

Profile Pelatih: Ryan Giggs

Pekerjaan berat diemban Giggs saat dipilih oleh PSSI-nya Wales untuk manager alternatif Chris Coleman di 15 Januari 2018. Coleman pilih melatih Sunderland di November 2017.

Giggs dituntut untuk melanjutkan trend positif Coleman di UEFA Nations League serta Piala Eropa 2020.

Legenda hidup Manchester United ini mencatat 64 performa buat Tim nasional Wales dari 1991 sampai 2007. Dia pernah terima sering kritikan sebab sering mangkir bela Tim nasional Wales, tetapi itu tidak menghalanginya jadi suksesor Coleman.

Sayang, 11 bulan kepemimpinan, Giggs memunculkan perpecahan. Ada yang senang dengan perform Wales, tetapi cukup banyak juga supporter yang memandang Giggs tidak berhasil.

Dari sembilan pertandingan pertamanya di semua pertandingan, Wales menelan lima kekalahan, termasuk juga dua kekalahan berturut-turut saat bertemu Albania. Beberapa supporter tidak senang dengan ini.

Mampu tapi, beberapa faksi memandang jika Giggs memberi perkembangan positif di Wales. Dia semakin mempercayai scuad muda, khususnya di babak kwalifikasi Piala Eropa 2020.

Ethan Ampadu (19), Chris Mepham (22), Joe Morrell (23), serta Daniel James (22) ialah beberapa pemain muda yang tampil di kwalifikasi Piala Eropa 2020. Belum juga Harry Wilson (22), David Brooks (22), Tyler Roberts (21), serta Rabbi Matondo (19) yang seringkali dimainkan.

9 Pertandingan Pertama Giggs

  • 22 Maret: China 0 Wales 6
  • 26 Maret: Wales 0 Uruguay 1
  • 29 Mei: Meksiko 0 Wales 0
  • 6 September: Wales 4 Republik Irlandia 1
  • 9 September: Denmark 2 Wales 0
  • 11 Oktober: Wales 1 Spanyol 4
  • 16 Oktober: Republik Irlandia 0 Wales 1
  • 16 November: Wales 1 Denmark 2
  • 20 November: Albania 1 Wales 0

 

Masuk 2019, Wales cuma 2x kalah serta seimbang dari 10 laga. Enam laga yang lain usai dengan kemenangan, serta lima salah satunya dilewati tanpa ada kecolongan.

 

Profile Pemain Bintang: Gareth Bale

Walau umurnya mampu makin bertambah jadi 30 tahun di musim panas tahun ini, Bale masih jadi jagoan Wales. Dia serta tertera untuk top skor tim nasional. Itu dinyatakan saat menaklukkan China di pertandingan pertemanan, dimana Bale cetak hattrick.

Bale pernah membuat Madridista geram sesudah berpose dengan background bendera Wales yang dibawa supporter berisi tulisan “Wales, Golf, Madrid, in That Order “. Tujuan tulisan itu ialah Bale dipandang jadikan Madrid untuk prioritas paling akhir.

Agar bagaimana juga, Bale tetaplah satu antara simbol sepak bola Wales. Tanpa ada tidak pedulikan peranan Ramsey, Ben Davies, atau Joe Allen, bekas Southampton serta Tottenham Hotspur itu dapat membuat Wales jadi negara diantara team Eropa sangat dihormati.

 

Perjalanan Ke arah Piala Eropa 2020

Wales maju ke Piala Eropa 2020 dengan isi tempat runner-up Group E babak kwalifikasi di bawah Kroasia. Mereka jadi team sangat sedikit kecolongan (6).

Dari delapan laga, Wales memenangkan empat pertandingan salah satunya. Dua pertandingan usai seimbang, serta tersisa dua yang lain kalah.

Wales 1-0 Slovakia

Kroasia 2-1 Wales

Hungaria 1-0 Wales

Wales 2-1 Azerbaijan

Slovakia 1-1 Wales

Wales 1-1 Kroasia

Azerbaikan 0-2 Wales

Wales 2-0 Hungaria